Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Sistem ekonomi Indonesia mempunyai referensi yang terperinci yaitu UUD 1945, yaitu sistem ekonomi Pancasila, yang di dalamnya terkandung demokrasi ekonomi. Dalam demokrasi ekonomi ini melibatkan pemerintah, pengusaha swasta, dan seluruh rakyat, sehingga dalam pelaksanannya  harus ada kolaborasi antara pemerintah, rakyat dan swasta.

Sistem ekonomi Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33. Berdasarkan bunyi dari tiga ayat pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 pemerintah sangat berperan menunjang sistem ekonomi yang berbasis pada kegiatan ekonomi kerakyatan. Untuk membuatkan ekonomi kreatif, pemerintah memiliki strategi dengan melaksanakan pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah. Beberapa stretegi tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industry kreatif berbasis budaya. Insentif tersebut mencakup proteksi produk budaya, kemudahan memperoleh dana pengembangan, kemudahan pemasaran dan promosi, sampai pertumbuhan pasar domestik dan internasional.
  2. Membuat Roadmap Industry kreatif yang melibatkan aneka macam forum pemerintah dan kalangan swasta
  3. Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya insan, desain, mutu, dan pengembangan pasar.
  4. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industry kreatif. Contoh yang yang dilindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  5. Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.

Kementerian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan langkah sebagai berikut:
  1. Pengembangan Database ekonomi kreatif Indonesia yang didukung dengan teknologi isu.  
  2. Peningkatan penggunaan teknologi melalui acara kemitraan berupa : Capacity building melalui training di dalam dan luar negeri, Training of trainer (ToT), dan Fasilitasi infrastruktur kerja kepada beberapa akseptor training terbaik.
  3. Pekan produk kreatif Indonesia ( PPKI) berupa seminar, talk show, obrolan dubes, pelatihan, klinik konsultasi, anjungan pembiayaan, maupun kegiatan lainnya.
  4. Festival Ekonomi Kreatif. Beberapa fstival ekonomi kreatif diantanya Festival Ekre DN (JavaJazz, Jakarta Food and Fashion Festival) dan Festival Ekre LN (Festival Animasi-Kartun Internasional, Seoul; Ottawa International Animation Festival)
  5. Wahana kreatif sebagai sarana memperkenalkan dan mempromosikan produk kreatif.
  6. Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran berupa : pemasaran melalui gerai atau outlet, distributor, distributor dan promotor terkenal, promosi (pameran dan penerimaan misi pembelian) dan branding
  7. Riset ekonomi kreatif dan akomodasi pinjaman insentif yang mendukung inovasi Riset ekonomi kreatif dan kemudahan derma insentif yang mendukung Inovasi ini bertujuan untuk merangsang terciptanya instrument, formulasi ilmiah, metodologi baru dan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui kegiatan riset dan dukungan insentif.
  8. Fasilitasi kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kretaif baru
  9. Pencipataan indentitas lokal tempat tingkat I dan II serta indentitas nasional
Ekonomi Kreatif
Aktivitas Kelompok
  1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 3–4 orang per kelompok
  2. Materi diskusi masing-masing kelompok antara lain : a. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat? b. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas? c. Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif? d. Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?

a. Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha supaya produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?
Beberapa hal harus dimiliki seorang pengusaha biar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat antara lain sebagai berikut :
  1. Hasil produksi dipromosikan dengan menggunakan iklan atau dari mulut ke verbal
  2. Menggunakan kemasan produk yang menarik dan unik sehingga konsumen tertarik untuk membeli
  3. Memiliki tempat pemasaran seperti toko atau kios yang menjual pada tempat yang taktiks
  4. Produk yang dihasilkan berkualitas dan memiliki kegunaan bagi konsumen
  5. Menjaga iktikad pelanggan agar tidak beralih ke produk yang lain
b. Mana yang lebih dibutuhkan oleh seorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?
Hal yang lebih dibutuhkan seorang yang akan membuka perjuangan ialah kreativitas karena kreativitas bekerjasama secara pribadi dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang perjuangan.
c. Bagaimana relasi antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?
Ekonomi kreatif merupakan sistem yang bisa melahirkan industri-industri kreatif. Dengan pengembangan ekonomi kreaatif diperlukan muncul industri-industri kreatif dalam masyarakat.
d. Bagaimana prospek industri kreatif tersebut bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain?
Industri kreatif merupakan salah satu aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Secara garis besar, industri kreatif mampu menyampaikan bantuan yang sangat besar dalam peningkatan ekspor Indonesia.

Posting Komentar untuk "Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif"