Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah supaya siswa mengalami perubahan yang nyata. Penilaian berarti perjuangan untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan mencar ilmu mengajar. Evaluasi mampu iartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana. 

Contohnya dalam evaluasi pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil berguru siswa yang merupakan langkah awal dalam proses evaluasi tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam aneka macam bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang mampu digunakan dalam penilaian pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.

Pada belahan akhir setiap tema akan iadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan pola!
Berpikir Global, Bertindak Lokal artinya memiliki pemikiran maju dan terkenal diseluruh dunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Contoh tindakan Beroikir Global Bertindak Lokal iantaranya yaitu berbelanja di pasar tradisional, memakai barang-barang produksi dalam negeri, mengonsumsi buah-buahan lokal

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cara Kerja Panel lLstrik Tenaga Surya

Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.
  1. Komponen utama dari sumber energi ini yaitu sel foltovotaik. Sel tersebut mempunyai peranan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik.  Pada siang hari panel surya mendapat cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang mudah dan flexible yang digunakan sebagai kawasan pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
  3. Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik seperti lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
  4. Bila listrik DC ingin dipakai menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dan sebagainya maka diperlukan inverter yang mampu mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter yaitu perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seolah-olah batere, panel surya / solar cell menjadi AC.

3. Apa yang kamu ketahui ihwal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya memiliki fungsi yang sama, yaitu menghasilkan energi listrik utuk mendukung acara insan.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Untuk dapat menghasilkan energi listrik melalui PLTS dibutuhkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang diharapkan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.

Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat pribadi penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal saluran berita ke berbagai belahan dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.

4. Mencintai produk dalam negeri yaitu merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah kamu sepakat dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !
Setuju karena dengan kita menggunakan produk dalam negeri berarti melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk negara lain.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²

Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³

6. Hitunglah luas permukaan dan volume berdiri adonan berikut.
Luas Gabungan
Luas campuran = Luas Bangun 1 + Luas bangkit 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangkit2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas adonan = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²

7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang beliau perlukan

Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²

Posting Komentar untuk "Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air"